Anggi's diary

Saturday, April 14, 2007

Kalo punya masalah, lihatlah dari dua sisi yang berbeda...........

Itu sih yg gue pelajari 1-2 minggu belakangan ini. Setelah gue dan temen2 gue menghadapi satu masalah besar. Bisa dibilang besar ga ya masalahnya? Yah....kira-kira sih gitu deh. Menurut gue sih nih masalah udah akumulatif gitu, sudah bertahun-tahun pula. Tapi baru kali ini aja ada yang berani bertindak tegas. Menurut gue nih masalah jadi besar karena udah lama banget ga diselesaikan. Untunglah tahun ini ada yang “berbaik hati” menyelesaikannya. He....he Thanks for that person. :-)

Gue ga bisa nyeritain masalahnya secara utuh, rasanya ga etis aja. Biarlah masalah lengkapnya cuman gue dan temen-temen yang tahu. Tapi, kira-kira gini nih ilustrasinya.....

Coba deh bayangkan, seandainya ada temen (misal namanya A) yang udah bertahun2 lamanya berhubungan dengan seseorang, sebutlah B. Katanya sih A berteman tulus ama B. Tapi tiba-tiba dia berbuat tidak jujur terhadap B. Ambillah contoh, si A ini ngambil barang atau menghilangkan barang kesayangan B. Buktinya emang belum jelas, tapi semua mengarah ke situ. Emang sih tuh barang berharga banget buat B, dan karena B sangat percaya ama si A, si B mempercayakan penitipan barang itu kepada A. Tapi kok malah dia ngambil tuh barang dan bilang ga tahu apa2 (bahkan dia bilang ”lupa”) setelah tuh barang ga ada di tempatnya. Tadinya sih B percaya banget sama si A. Tapi gimana B ga curiga ama dia, kalo akses ke barang itu cuman diketahui oleh si A selain ama B. Sementara B udah jelas2 ngerasa kehilangan. So, benerkah ini kesalahan A atau hanya fitnah B belaka?

Terus, si A cerita2 ke orang terdekatnya, sebutlah C, yang kebetulan kenal juga sama B. Kayaknya sih si A ini memutarbalikkan fakta gitu ketika cerita pada C. Entah apa yang diceritakan. Tapi setelah itu si C mengatakan sesuatu kepada B. Dia bilang si B sudah merasa pintar dengan menuduh A, menghianati persahabatan dengan A, dsb...dsb pokoknya bilang yang jelek2 deh tentang B. Si B berusaha memberi pengertian dan menjelaskan duduk perkaranya pada C. Tapi sepertinya si C ini ”menutup mata dan telinga” terhadap semua kenyataan yang diceritakan oleh B. Hingga akhir pembicaraan dengan B, si C tetap menuduh B memfitnah A melakukan perbuatan tidak jujur tersebut.

Hm....kalo gue jadi B, gue bakalan kesel abis tuh sama C. Tapi kekesalan orang ga mesti dibales dengan kekesalan juga kan? :-) Gue cuman mikir aja, kok bisa sih C langsung menuduh B memfitnah A, bahkan dia sampai tidak mau mendengar penjelasan B. Harusnya dia mau dong mendengar cerita itu baik dari sisi A ataupun B, supaya permasalahannya jelas dan dia tidak ”asal2an” aja nuduh orang. Dituduh itu ga enak lho. Tapi berbohong itu lebih ga enak lagi. He....he Jadi, berusahalah selalu untuk bersikap jujur.

Kalo kita ada di posisi C, orang yang cuman denger cerita tanpa terlibat langsung sama kejadiannya, lebih baik denger cerita dari 2 belah pihak. Supaya masalahnya jelas dan bisa membantu penyelesaiannya, bukannya malah memperumit suasana. Tapi sepertinya tuh orang menganut ajaran ”persahabatan itu buta”. He...he Artinya mirip kok sama pepatah ”cinta itu buta”. Artinya dalam persahabatan yang dilakukan antara A dan C, si C selalu beranggapan A yang paling bener walaupun A telah melakukan kesalahan besar. Benarkah persahabatan ini? :-)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home