Anggi's diary

Saturday, December 09, 2006

Adilkah hidup ini?

Dulu gue sering berpikir kenapa sih hidup ini ga adil banget. Kayaknya gue susah mulu, sementara orang bisa menikmati hidupnya tanpa usaha yang berarti. Ternyata pikiran itu ga sepenuhnya bener. Setelah menjalani hidup beberapa puluh tahun (he....he), gue jadi makin ngerti lika-likunya hidup. Termasuk untuk urusan keadilan ini. Sekarang gue bisa meyakini bahwa hidup itu adil. Kalo kali ini gue dapet kesulitan bertubi-tubi, maka suatu saat nanti gue akan dapet kesenangan atau kemudahan yang juga banyak. Kalo kali ini gue bersusah payah, dan bersakit-sakit maka di kemudian hari gue pasti bisa bersenang-senang. Apa yang sudah kita lakukan, itu yang akan kita tuai selanjutnya. Mungkin karena pikiran ini ya akhir-akhir ini gue selalu berusaha berlaku baik ama orang-orang di sekitar gue. Meskipun tidak sepenuhnya berhasil. He....he. Maaf seandainya gue belum berhasil. :-) Misalnya aja nih, ada temen minta tolong. Selama gue masih bisa nolong, gue akan berusaha memenuhi permintaan tersebut. Asalkan masih dalam batas wajar ya?!

Masalah keadilan ini gue rasain juga selama 3 bulan terakhir ini sebagai mahasiswa. Salah satu contohnya nih adalah ketika gue harus ”ngejar-ngejar” pembimbing untuk bikin makalah. Awalnya susah banget nyarinya. Di kelompok, gue adalah orang terakhir yang ketemu sama pembimbing. Ketua kelompok gue sampe lumayan merasa kasihan juga sama gue, karena sampe lama gue baru bisa ketemu. Tapi ternyata setelah gue berhasil ketemu, pembimbing gue itu orangnya tertib banget. Kerja gue jadi terstruktur dan tepat waktu. Alhasil perkembangan makalah gue lebih jelas dibanding temen yang lain. So, adil kan? Walaupun awalnya susah, tapi akhirnya Tuhan memberikan kemudahan bagi gue dalam proses selanjutnya. Btw, setelah makalah selesai, kok sampe sekarang dosennya belum tanda tangan di makalah gue ya? He....he

Contoh lainnya nih. Suatu hari temen gue minta tukeran jaga. Awalnya gue agak malas ya, karena tukernya sama hari minggu malam. Males banget ga sih, minggu malam yang harusnya bisa tidur di rumah, eh.....ini harus jaga. Tapi ya sudahlah, gue mau juga. Toh, hari itu gue ga ngapa-ngapain. Ternyata.....malam itu pasiennya sedikit, dan gue ga capek2 amat. So, adil kan?

Ada lagi kejadian lain yang hampir aja bikin gue nangis, dan memvonis ketidakadilan sebagai salah satu biang keladinya. Masih berhubungan dengan ”jaga”. Hm....ternyata masalah ”jaga” itu bisa bikin masalah yang ga enteng ya? Padahal kan buat sampe dapet gelar dokter akan banyak jaga2 yang harus dilewati. :-)

Hari itu adalah hari minggu, di rumah gue sendirian, dan salah satu alasan kenapa gue mau ditinggal sendirian supaya malamnya gue bisa ke nikahan temen seangkatan. Sementara anggota keluarga gue yang lain pada ke Bandung. Tiba-tiba aja temen ngabarin kalo minggu malam itu harus ada yang jaga di bagian baru. Kita sempet bingung juga awalnya. Tapi setelah dirundingkan dengan berbagai pertimbangan, keputusannya adalah gue yang jaga pertama. Sempet kesel banget sih. Tapi gue berusaha ikhlas untuk ”pengorbanan” yang udah gue lakukan itu. Kenapa gue bilang pengorbanan? Karena sebenernya undian jaga bukan jatuh pada gue. Jadi gue gantiin temen gue. Tapi ya sudahlah, toh gue yang paling nganggur hari itu dibanding temen2 gue. Awalnya sedih banget. Selesai terima telpon dari temen, rasanya pengen banget nangis. Udah sendirian di rumah, ga jadi ke nikahan temen, mesti jaga pertama di tempat baru pula. Sementara gue ngebayangin temen2 gue yang siangnya ada kerjaan, malamnya bisa ke nikahan, dan bersenang-senang di sana. Padahal kan gue pengen banget dateng ke nikahan. Dan gue merencanakan itu sudah sejak lama.

Setelah gue pikir2 lagi, hm....kayaknya ga ada gunanya juga untuk disesali. Mungkin emang udah nasib gue ya? Dijalanin aja. Mendingan air mata yang hampir gue teteskan ini disimpen buat hal lain yang lebih penting, daripada hanya untuk menyesali nasib. :-)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home