Anggi's diary

Friday, June 02, 2006

Ga Minta Dihargai Kok!!

Ini sebenernya udah cerita lama. Cuman masih pengen cerita aja. Karena kok kalo inget dan ada yang ngungkit lagi jadi bikin tambah kesel ya? :-)

Cerita ini berawal pada beberapa bulan yang lalu, mungkin sekitar bulan November atau Desember 2005. Organisasi yang gue ikutin di kampus mau ngadain rapat tahunan. Rapatnya bakal diselenggarakan bulan Januari 2006. Biasanya sih rapat ini dilakukan di luar kota. Yah…..itung-itung sekalian jalan-jalan. He….he Lumayan kan sambil menyelam minum air. Sambil rapat, bisa sambil seneng-seneng. :-) Rapat bakal dilakukan 2 hari 2 malam dan yang paling penting mengorbankan waktu tidur. Hua…..begadang deh!! Tapi emang gitu tradisinya, kalo ga gitu, hidup jadi ga seru!! Ha…..ha :-)

Nah, berhubung tahun ini organisasi gue lagi dalam tahun penghematan (baca: keuangannya lagi memprihatinkan banget), maka rapat tahun ini cuma bakal di Jakarta aja. Emang ga asik sih, tapi mau gimana lagi kalo duit tidak mendukung? Atau ada yang bersedia m’bayarin? He….he

Panitia mulai cari-cari anggota yang punya rumah di Jakarta dan available untuk dipake rapat (baca: rumah yang lumayan besar dan GA DITINGGALIN). Ortu gue emang kebetulan punya rumah yang saat ini lagi ga ditempatin, dan kebetulan lagi tempat itu deket banget sama kampus. Kalo naik metromini bisa cuman sekali (ongkosnya cuman 2rb rupiah) atau kalo naik bajaj cuman sekali juga (tapi ongkosnya lebih mahal, satu bajaj 7rb aja). Tadinya sih gue ga mau bilang-bilang ke panitia. Jujur aja, gue males kalo rumah gue (rumah ortu kali ya maksudnya?) yang ketempatan. Repot bo!! Bayangin aja, rumah ortu gue (yang tidak terlalu besar) mesti nampung 60 orang lebih selama 2 hari 2 malam. Pikirkan bagaimana tidurnya (pasti kayak “ikan sarden”), gimana antrian kamar mandinya (pasti deh berjam-jam), belum lagi bakal masak, makan, dll di situ. Pasti deh berantakan banget!! Tapi karena gue liat tuh orang-orang kebingungan cari rumah, dan gue juga ngerasa ga enak kalo ga bilang-bilang padahal sebenernya ada (kesannya pelit banget ya?), maka akhirnya gue kasih tau deh perihal rumah itu. Dengan proses yang tidak begitu sulit, jadilah rapat di rumah itu. Btw, ini juga atas kebaikan ortu gue yang udah rela ngasih ijin. Makasih, Pak, Bu!! :-) Padahal di lubuk hati gue yang paling dalam, gue berharap ortu ga ngasih ijin, jadinya kan ga perlu alasan lain dari gue buat nolak. He…..he Dasar orang ga mau repot? :-)

Di semua hal, pasti ada yang pro dan kontra kan? Begitu juga dengan hal ini. Ternyata…..dan ternyata banyak juga yang kontra terhadap rapat dalam kota ini. Contohnya adalah ucapan yang dilontarkan senior gue ini. Waktu dia lihat pengumuman rapat itu, terus dia bilang, “Ya ampun!! Ngapain sih rapat kok di Jakarta? Di utan kayu pula? Deket banget. Payah banget sih? Kayak ga ada tempat lain aja? Emang ga ada ya yang punya villa di luar kota? Ganti aja nih, di luar kota aja.” Kira-kira gitu sih, walopun gue agak lupa juga tepatnya. He….he Dia ngomong gitu tepat di depan mata gue. Kebayang ga sih gimana sedihnya? Gue ngerasa, kok kayaknya pengorbanan gue merelakan rumah itu “diobrak-abrik” sama 60 orang ga ada artinya ya? Padahal udah susah-susah, tapi ga dihargai.

Belum lagi, beberapa minggu lalu, gue juga baru denger temen gue ngomong hal yang mirip dengan ucapan senior gue tadi. “kenapa ya pemimpin2 di MA (singkatan dari Media Aesculapius, organisasi tempat gue ikutan) tahun ini diangkatnya di Jakarta? Mudah2an tahun ini kita bisa dapet uang banyak, jadi tahun depan ga perlu rapat di Jakarta lagi.” Rasanya tuh langsung “deg”, begitu denger omongan temen gue itu. Kesannya rapat kemaren itu merupakan aib karena dilakukan di Jakarta. Kesannya tempat yang sudah “dipinjamkan” jadi ga berarti dan mungkin malah dianggap “menyedihkan”. Ya ampun!! Gue sih berharap, pikiran itu bener-bener cuman ada di otak gue doang. Mudah2an sebenernya ga ada temen-temen gue yang bermaksud seperti itu.

So, dari cerita di atas gue bisa menarik dua kesimpulan.

  1. kadang apa yang sudah kita korbankan untuk orang lain, tidak “dilihat” oleh orang lain. Mereka nganggep pengorbanan kita itu “biasa aja”, padahal rasanya udah lumayan berat untuk melakukan itu. Dari pengalaman itu, gue jadi tau, sebaiknya kita ga berharap orang lain bakal menghargai atas apa saja yang sudah kita lakukan untuk orang banyak. Yang penting adalah bagaimana melakukan hal yang terbaik untuk orang banyak.
  2. Ini pesen untuk orang yang suka asal “cablak” di depan orang. :-) Gue bukannya ga suka orang yang terus terang, justru gue suka banget!! Gue malah ga suka kalo orang bohong sama gue. Tapi, coba deh kalo bicara lihat-lihat situasi dan sesuaikan cara ngomong kita sama situasinya. Kalo mau ngomong sesuatu yang kurang enak, coba dengan cara yang halus. Jangan asal aja atau malah pake cara yang bakal nyakitin orang lain. Diomongin “pedes” sama orang lain ga enak lho!! Kejujuran memang sangat diharuskan, tapi bisa kan dilakukan dengan cara yang tidak menyakiti orang lain? :-)

Anyway, rapat itu jadi juga lho di rumah ortu gue itu!! Yah….abis rapat emang ga sedikit yang dilakukan buat ngeberesin rumahnya. :-) Yang jaga rumah itu, jadinya harus nyapu dan ngepel dalamnya rumah ekstra dari biasanya. Belum lagi mesti nguras kamar mandinya. Terus bersih2 dapurnya deh!! Itu bukan pekerjaan yang ringan lho?? Dan buat temen-temen gue yang satu organisasi dengan gue (tau kan organisasi yang gue maksud apa? *ini cuman buat yang ngerti kok* he…..he), ternyata kemajuan MA ga cuman karena pengorbanan para anggotanya, rekan kerja, ataupun kolega dokter-dokter itu; tapi juga jasa para orang-orang yang kadang tidak terpikirkan. :-)

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Astagaaa...
Gw kira MA itu sejenis majelis atau mahkamah ...
taunya
Media Aescu, eh, apa tadi? ;)

~haries

2:34 AM  
Anonymous Anonymous said...

Btw kalo blak2annya ngomong I love you gitu, gimana Gi? :p hihihi...

Eh buat fans2nya Anggi, saran gw jangan diikutin yah! Ntar salah2 angginya ngambek lho.

~haries

2:36 AM  
Anonymous Anonymous said...

Best regards from NY! Cabinet television hide Cellulite cream homemade http://www.buy-levitra-online-0.info chevrolet window Saab cabrio 900 http://www.fitness-5.info Debt supreme court decisions

10:56 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home