Anggi's diary

Saturday, May 31, 2008

Bermanfaatkan kegiatan yang kita lakukan?

Semua yang kita lakukan pasti ada manfaatnya..........

Itulah salah satu pelajaran yang gue petik dari 24 tahun perjalanan hidup gue selama ini. Kenapa tiba-tiba gue bisa punya pikiran sebijak itu? He.....he Sebenernya mungkin aja untuk kebanyakan orang kalimat di atas terdengar biasa aja, ga ada bijak-bijaknya sama sekali. Tapi buat gue yang jarang berpikir ”dalam”, kesimpulan seperti itu sudah tergolong bagus banget. :-)

Waktu dulu (mungkin sampe gue SMA), seringkali gue males melakukan hal-hal yang ga gue sukain. Contohnya nih mesti ikut arisan keluarga padahal di arisan itu makin sedikit aja anak mudanya. Atau nemenin ortu ke nikahan anak temennya. Males banget kan tuh. Udah mesti berbaju rapih dan bersopan-sopan pula.

Tapi sekarang, gue sudah menyadari kekeliruan pandangan waktu itu. Semua yang kita lakukan itu pasti bermanfaat. Tidak ada kegiatan yang percuma dilakukan. Dari melakukan suatu hal, pasti akan ada sesuatu yang kita dapet. Meskipun mungkin kita hanya melakukan pekerjaan sepele, yang sepertinya tidak ada artinya.

Udah banyak contohnya. Misalnya nih ketika ada acara lamaran sepupu gue. Waktu itu awalnya gue udah seneng bisa menghindari untuk datang ke acara itu. Ortu emang udah bilang ga mesti ikut, karena tempatnya terbatas. Dan kebetulan lagi, ternyata gue juga ada acara di hari yang sama. So, alasan gue sahih juga kan? Tapi ternyata acara yang mau gue ikutin batal, dan gue pulang ke rumah sebelum ortu pergi ke acara lamaran itu. Aduh.....berarti gue mesti ikut ke acara itu deh. Mana katanya kakak-kakak gue yang lain ga ada yang ikut lagi. Bakal cengok deh ntar di sana sendirian. Alhasil gue ikut juga. Ternyata gue datang ke acara itu tidak percuma. Gue bisa ketemu saudara gue yang lain yang sama-sama lagi belajar di UI. Wah....jadi asik deh ada temen ngobrol. So, ga rugi kan ikut ke acara itu?

Contoh lainnya yang sepele malah mungkin lebih banyak. Seringkali kita dihadapkan pada dua pilihan. Misalnya ketika harus memilih ikut acara di kampus tapi harus pulang sore atau mending pulang siang-siang aja ya? Memang bukan pilihan yang sulit. Tapi tetap saja harus dipertimbangkan untung dan ruginya. Kalo ikut acara kampus, pastinya bisa nambah pengalaman. Untung-untung bisa nambah ilmu sekalian. Pulang sore ga apa-apalah. Sekalian bisa ”ketemu” banyak orang nanti di busway. Yah.....kali-kali aja pas ada cowok ganteng yang barengan naik busway. (Apa coba yak?) Tapi pilihan untuk pulang cepet juga ga salah. Dengan pulang cepet, membuat kita tidak terlalu capek. Pulang ke rumah, bisa istirahat dulu sebelum malamnya melakukan aktivitas lainnya. Banyak hal bisa dikerjakan di rumah, seperti ngerjain tugas rumah, baca buku cerita, ataupun cuman nonton acara infotainment di TV. Nonton TV (walaupun cuman infotainment) pastinya akan nambah wawasan. Baca buku juga bisa memperkaya ilmu walaupun dengan cara yang berbeda. (he....he). So, semua itu tidak ada yang merugikan kan? Selalu ada manfaat di balik semua kegiatan kita.

Yang penting adalah, kita bertanggung jawab pada kegiatan yang sudah dipilih. Tidak pernah ada kata rugi untuk semua kegiatan yang kita lakukan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home